Taman Sota, marauke

Sebagaian provinsi di negara Indonesia, mimiliki letak yang berbatasan langsung dengan negara lain. Taman Sota di Merauke, Papua menjadi akhir daerah Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini.
Tugu dan suasana Taman Sota di perbatasan RI dan Papua Nugini (Harley B Sastha/ACI)
Taman Sota, sebenarnya tak ada yang istimewa dari nama ini. Tapi, makna dan fungsi taman di kawasan Taman Nasional Wasur ini, sangatlah berpengaruh atas bangsa Indonesia.
Taman Sota terletak di Kabupaten Merauke, Papua. Merauke merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan negara Papua New Guinea. Untuk menandakan perbatasan ini dibangunlah sebuah tugu sebagai simbol perbatasan.
Taman Perbatasan Sota (RI-PNG)
Selain alamnya yang super cantik dan keren, Papua juga punya pesona lain yang bisa dtunjukkan kepada wisatawan. Bila Anda berkesempatan menjelajah Papua, jangan lupa untuk singgah ke Merauke!
Di kota paling timur Indonesia ini terdapat Taman Sota. Di sinilah daerah Indonesia berakhir. Taman Sota, menjadi batas akhir negara Indonesia di sebelah timur.
Ya, taman ini menjadi pembatas antara Indonesia dengan Papua Nugini. Sebuah taman bunga yang tidak terlalu besar dan sederhana, tapi terlihat cantik nan rapih. Di taman inilah terpatri sebuah tugu bernama Tugu Sabang-Merauke sebagai simbol perbatasan.
Tugu perbatasan ini berbentuk seperti balok yang menuncap ke permukaan tanah. Selain itu, tertulis titik kordinat bumi perbatasan Indonesia.
https://parpatitoba.files.wordpress.com/2013/04/img_7349.jpg
Taman Merah-Putih berada di wilayah Papua Nugini. Sebagian orang PNG sering keluar masuk jalur ini untuk belanja di Sota.
Setiap harinya, Infateri TNI selalu daerah perbatasan ini. Taman ini juga menjadi destinasi wajib wisatawan yang bertandang ke negeri burung cenderawasih ini.
Corak dan nuansa Indonesia terasa kental di taman ini. Di depan sebuah tiang bendera yterdapat papan bertuliskan "Bahasa Indonesia Penjaga Persatuan dan Kesatuan NKRI", batu berwarna merah putih yang bertuliskan "Aku Cinta Indonesia, Izakod Bekai Izakod Kai", serta gapura berhiaskan lambang Indonesia, Garuda menghiasi Taman Sota. Ya, di setiap sudut taman dipenuhi suasana cinta Indonesia.
Selain itu, bangunan bergaya etnis Papua yang akrab dengan atap ilalangnya juga terlihat ini di sini. Setidaknya meski mini, Taman Sota tetap sedap di pandang. Tulisan "Good Bye and See You Another Day" di gapura yang menjadi "pintu gerbang" antara Papua dan Papua Nugini, menambah suasana ramah di tempat ini.

Di sekitar taman ini, juga terdapat perkampungan penduduk. Mereka juga ramah terhadap pelancong. Hidup di ribuan kilometer, daerah di sekitar Taman Sota tetap menjaga kebudayaan dan corak aslinya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PLBN Skouw Papua