Atambua

Mengenal Atambua, Tapal Batas Indonesia dengan Timor Timur


Mengenal Atambua, Tapal Batas Indonesia dengan Timor Timur 
 Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta - Atambua adalah kota di Indonesia yang paling ujung menghadap negara Timor Leste. Terletak di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Atambua menjadi saksi perceraian Indonesia dengan Timor Timur.

Untuk mengunjungi Atambua dari Ibu Kota, tentu saja yang paling gampang adalah menggunakan jasa maskapai penerbangan. Perjalanan di atas pesawat dari Jakarta ke Bandara El Tari, Kupang, memakan waktu 4-7 jam.

Dari Kupang, salah satu alternatifnya Anda bisa menempuh perjalanan darat. Jangan khawatir, kondisi jalan Kupang-Atambua sepanjang 270 km mulus beraspal. Saat detikcom menyusuri jalan itu pada 2015, aspalnya nyaris tanpa lubang. Perjalanan dari Kupang menuju Atambua dapat ditempuh dalam waktu 7-8 jam melalui jalan nasional ini, melintasi perbukitan dan lembah, serta berkelok naik-turun.

Mengenal Atambua, Tapal Batas Indonesia dengan Timor Timur 
Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Bila tak mau menempuh perjalanan darat, sebenarnya ada pula bandara di Atambua, yakni Bandara AA Bere Talo alias Bandara Haliwen. Bandara ini melayani penerbangan domestik menghubungkan Kupang-Atambua atau Timor Leste-Atambua. Panjang landasan pacunya 1.450 meter. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada Oktober 2016, ingin memperpanjang landas pacu bandara ini menjadi 2.000 meter supaya Boeing 737 bisa mendarat.

Sampailah di Atambua. Kota seluas 56,18 km persegi ini memiliki suhu 27-37 derajat Celsius. Untuk fasilitas penunjang hidup, ibu kota Kabupaten Belu ini punya dua rumah sakit pemerintah dan satu rumah sakit swasta.

Atambua punya sejumlah tempat wisata, dari pantai, wisata kuliner, hingga wisata religius. Penduduk setempat beretnis Tetun dan Atoni. Mayoritas penduduknya beragama Katolik
 sumber : https://news.detik.com/berita/d-3462225/mengenal-atambua-tapal-batas-indonesia-dengan-timor-timur

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PLBN Skouw Papua